Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan negara yang sangat memetingkan tata krama. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Jepang, ada baiknya memperlajari tata krama disana. Hal tersebut agar saat traveling ke Jepang kamu tidak kebingungan dan justru dapat membantumu beradaptasi disana.

Saat traveling ke Jepang, ini harus kamu ketahui

Jangan letakan sumpit sembarangan

4-Aturan-Ini-Wajib-Dipatuhi-Saat-Traveling-ke-Jepang--1

Orang Jepang memiliki kebiasaan makan menggunakan sumpit. Namun ternyata, makan dengan sumpit juga ada tata kramanya lho. Ketika makan, jangan sampai meletakan sumpit secara vertikal dalam mangkuk. Letak sumpit yang vertikal dengan mangkuk menyerupai ritual di pemakaman.

Kamu dapat meletakan sumpit tersebut di sebalah piring. Selain itu saat traveling ke Jepang, hindari pula menggosok sumpit tersebut secara bersamaan, karena kebiasaan tersebut dianggap sebagai hal yang tidak sopan di Jepang.

Tidak tinggalkan uang tip

Kebiasaan satu ini memang berbeda seperti di Indonesia atau negara Barat, orang Jepang tdak suka bila diberi tip. Meninggalkan tip bisa dianggap sebuah penghinaan. Oleh karena itu, saat traveling ke Jepang ketika kamu memberikan beberapa lembar atau koin restoran ataupun tempat lain. Maka sesegara mungkin mereka akan mengembalikan uangmu tersebut.

Lepas alas kaki

4-Aturan-Ini-Wajib-Dipatuhi-Saat-Traveling-ke-Jepang-2

Tidak hanya di drama ataupun film saja, ternyata masyarakat Jepang juga memiliki kebiasaan untuk melepas ala kakinya ketika hendak masuk ke ruangan. Kebiasaan ini tidak hanya berlaku di dalam rumah, tetapi juga di berbagai tempat seperti tempat ibadah, sekolah, hotel dan berbagai tempat lainnya.

Namun, biasanya akan disediakan juga alas kaki khusus yang bisa dipakai ketika di dalam ruangan. Masyarakat Jepang menganggap jika sepatu yang digunakan di luar tidak bersih sehingga harus diganti ketika memasuki rumah.

Memberi dan menerima harus dua tangan

Tidak hanya di Korea, ternyata kebiasaan ini juga dianut oleh masyarakat Jepang. Ketika memberi ataupun menerima sesuatu dari orang lain, kamu harus menggunakan kedua tanganmu. Menerima atau memberi sesuatu dengan kedua tangan adalah cara menghargai sesuatu di Jepang. Bahkan untuk menerima atau memberi sesuatu yang kecil seperti kartu nama pun harus gunakan kedua tangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *